BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kata media berasal dari bahasa Latin Medius yang secara
harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Tetapi secara lebih khusus,
pengertian media dalam proses pembelajaran diartikan sebagai alat-alat grafis,
fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali
informasi visual atau verbal. Media juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu
yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan kemauan siswa, sehingga dapat terdorong terlibat dalam proses
pembelajaran. Gagne mengartikan media sebagai berbagai jenis komponen dalam
lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Heinich, Molenda,
Russel (1996:8) menyatakan bahwa : “A medium (plural media) is a channel of
communication, example include film, television, diagram, printed materials,
computers, and instructors. (Media adalah saluran komunikasi termasuk film,
televisi, diagram, materi tercetak, komputer, dan instruktur). AECT (Assosiation
of Education and Communication Technology, 1977), memberikan batasan media
sebagai segala bentuk saluran yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan atau
informasi. NEA (National Education Assosiation) memberikan batasan media
sebagai bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak, audio visual, serta
peralatanya.
Dari berbagai batsan di atas dapat dirumuskan bahwa media
adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk meyalurkan pesan dan dapat
merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa
sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa.
BAB III
PENUTUP
A. Media Grafis
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta,
ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan
simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas
sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat
orang.
Yang termasuk media grafis antara lain :
- Grafik, yaitu penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, garis, dan simbol.
- Diagram, yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis simbol.
- Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan simbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
- Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
- Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
- Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flanel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
- Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flanel. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.
B. Kelebihan dan Kelemahan Media Grafis
1. Kelebihan
·
Dapat mempermudah dan
mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
·
Dapat dilengkapi dengan
warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
·
Pembuatannya mudah dan harganya
murah.
2. Kelemahan
- Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
- Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.
C. Jenis-Jenis Media Grafis
Media cetakan dan grafis di dalam proses belajar mengajar
paling banyak dan paling sering digunakan. Media ini termasuk kategori media
visual non proyeksi yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke
penerima pesan (dari guru kepada siswa). Pesan yang dituangkan dalam bentuk
tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol yang mengandung harti disebut
”Media Grafis”. Media grafis termasuk media visual diam, sebagaimana halnya
dengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk menyalurkan pesan dari
guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan yang
dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan jelas. Media ini tidak
termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya bila ditimbang dari segi
biaya.
Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian,
memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang
mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Jenis-jenis
media grafis adalah:
1) Diagram
Diagram adalah suatu gambaran-gambaran sederhana untuk
memperlihatkan hubungan timbale balik, terutama dengan garis-garis diagram yang
baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang
diperlihatkan.
Berdasarkan konsep tersebut di atas, kiranya penggunaan media
diagram dalam proses pembelajaran akan sangat membantu bagi guru maupun siswa
dalam menyimak materi pelajaran, karena pada dasarnya diagram merupakan
ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan
diuraikan.
Oleh karena diagram bersifat:
·
simbolis dan abstrak,
kadang-kadang sulit dimengerti
·
untuk dapat membaca diagram
diperlukan keahlian khusus dalam bidangnya tentang isi diagram tersebut walaupun
sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat diagram dapat memperjelas arti.
Ciri-ciri diagram yang baik:
- benar, diagram rapih dan disertai dengan keterangan yang jelas cukup besar dan ditempatkan secara strategis
- penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan
2) Grafik
Grafik adalah suatu grafis yang menggunakan titik-titik
atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan
(R.Warsito, 2001 : 48).
Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar
mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi
kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada
penyajian secara statistik
3) Poster
Poster merupakan kombinasi visualisasi yang kuat dengan warna
dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang lewat, tetapi cukup
lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya (1989 : 51). Media ini
pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan
atau digunakan sebagai sarana promosi.
4) Kartun
Kartun adalah menggambarkan dalam bentuk lukisan atau
karikatur tentang orang, gagasan atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi
opini masyarakat (1989 : 58).
Dengan berasumsi pada konsep tersebut di atas, kartun dapat
digunakan sebagai alat bantu proses pengajaran walaupun banyak kartun yang
membuat orang-orang tersenyum, tetapi pada dasarnya kartun mempunyai manfaat
dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu
urutan logis atau mendukung makna
5) Komik
Komik merupakan
suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita
dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk
memberikan hiburan pada pembaca. (1989 : 69)
6) Gambar
Media grafis paling umum digunakan dalam PBM, karena
merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik.
Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan
objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.
Kelebihan media ini adalah:
·
sifatnya konkrit, lebih
realistik dibandingkan dengan media verbal
·
dapat memperjelas suatu masalah
dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua
·
harganya dan tidak memerlukan
peralatan khusus dalam penyampaiannya.
Kelemahannya.
·
gambar/foto hanya menekankan
persepsi indera mata
·
ukurannya sangat terbatas untuk
kelompok besar
7) Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar
keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan
pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan,
perbandingan, struktur, organisasi, jenis-jenis media bagan antara lain : Tree
chart, flow chart.
1. Bagan lambang (piktograf)
Psikologi menunjukkan bahwa orang lebih cepat memilih
bahan yang disajikan secara visual, singkat dan jelas. Disekolah dengan
berkembangnya tekhnologi alat peraga, piktograf mendapat kedudukan yang cukup
penting. Piktograf biasanya berupa gambar atau lambing, yang memiliki suatu
jumlah daru suatu sifat atau dari suatu hal
2. Bagan Arus
Bagan ini pada umumnya berbentuk garis – garis dengan
berpanah ,bagaikan sungai yang datang dari berbagai sumber air dan mengalir ke
satu arah untuk kemudian bertemu satu dengan yang lain, membentuk suatu arus
besar yang menuju ke suatu muara.
3.Bagan pohon
Bagan ini merupakan kebalikan dari bagan arus. Sumbernya
satu dan geraknya memencar, bercabang bagai pohon yang mulai tumbuh dari satu ,
kemudian memencar menjadi casbang – cabang dan dahan – dahan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media grafis adalah media
visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata,
kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk
menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta
sehingga menarik dan diingat orang.
Jenis-jenis media grafis adalah:
1) Diagram
2) Grafik
3) Poster
4) Kartun
5) Komik
6) Gambar
7) Bagan
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar